Pada Kamis minggu lalu (14/03), bertempat di Hall Gedung C Fakultas Ekonomika dan Bisnis, telah berlangsung acara Kuliah Dosen Tamu dengan tema Global Leadership. Pada kesempatan kali ini, International Office FEB Undip menghadirkan Professor Robert Evans selaku Dekan Internasional Fakultas Bisnis dan Hukum Universitas Curtin sebagai narasumber. Acara ini mendapat respon yang positif dari kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa FEB. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya peserta yang turut hadir dalam acara ini.

Sejalan dengan tema yang diusung, Professor Robert menyampaikan materi seputar Global Leadership kepada pada audience. Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan bagaimana perbedaan kepemimpinan dengan manajemen dari berbagai aspek. Guna memberi penjelasan yang mendalam terkait Global Leadership, Professor Robert juga memaparkan berbagai hal yang menjadi tantangan dalam Global Leadership. Berdasarkan pemaparan beliau, setidaknya terdapat 7 hal yang menjadi tantangan dalam mengelola kepemimpinan global, salah satunya adalah perbedaan budaya.

Demi mendukung pemaparan materinya, Professor Robert memberikan kutipan tayangan tentang bagaimana Sundar Pichai selaku CEO Google dalam menjalankan kepemimpinan globalnya. Dengan penayangan video tersebut, mampu memberikan gambaran kepada audience tentang kunci sukses dalam menjadi seorang pemimpin global.

Salah satu hal yang identik dengan kepemimpinan global ialah faktor perbedaan budaya. Berkaitan dengan perbedaan budaya, beliau mencoba membandingkan kebudayaan Indonesia dengan Australia berdasarkan kerangka kebudayaan menurut Hofstede. Mengacu pada materi yang diberikan Professor Robert, kita dapat mengetahui bahwa antara Indonesia dengan Australia memiliki kebudayaan yang sangat berbeda.